Home » Ekonomi & Bisnis » Pemerintah Siap Kejar Pajak Untuk Setiap Pengusaha

Pemerintah Siap Kejar Pajak Untuk Setiap Pengusaha



Jakarta – Pemerintah terus memutar otak untuk mampu secara maksimal dapat menarik penerimaaan pajak dari perorangan terutama pada orang golongan atas yang memang dikenakan wajib pajak.

Pemerintah Siap Kejar Pajak Untuk Setiap Pengusaha Perusahaan

Dilihat dari aturan perubahan APBN tahun 2014 ini yang mematok hasil penerimaan pajak menjadi sebesar Rp. 1.072,37 triliun maka target saat ini bisa dikatakan belum tercapai sebab PPh atau Penerimaan Pajak Penghasilan pada setahun ini masih berada di angka Rp 97 triliun, itu berarti masih kurang 10% dari tarjet PPh yang dicadangkan.

Dari pajak yang masuk sebesar Rp 93 triliun yang didapat itu mirisnya Rp 93 triliunnya adalah PPh otomatis hasil dari karyawan sebuah perusahaan. Dengan begitu berarti pajak yang benar-benar diterima dari pengusaha hanya Rp 4 miliar.

Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Keuangan menyatakan jika setoran pajak dari sebuah perusahaan yang memang wajib pajak seharusnya lebih besar. Nyatanya PPh yang masuk dari perusahaan sendiri lebih sedikit ketimbang pajak dari perorangan ataupun pajak otomatis karyawan yang langsung dipotong.

Menurut Bambang (2/12/14), menambah jumlah pegawai Ditjen Pajak adalah yang terbaik untuk menghindari pembayar pajak fiktif. Seperti yang diyatakan Bambang jika saat ini satu orang Ditjen pajak mengurusi 8000 orang wajib pajak. (Arkha Satya – sisidunia,com)