Home » News » Berita BBM: Pasokan BBM Bersubsidi Aman Hingga Akhir 2014

Berita BBM: Pasokan BBM Bersubsidi Aman Hingga Akhir 2014



Jakarta โ€“ Menteri ESDM, Sudirman Said mengatakan bahwa pasokan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan tetap aman hingga akhir tahun 2014. PT Pertamina tetap siap menyalurkan BBM bersubsidi meskipun konsumsinya akan sedikit melebihi kuota premium dan solar bersubsidi yang telah ditetapkan di dalam APBN-Perubahan 2014, yakni sebesar 46 juta kiloliter.

Berita BBM: Pasokan BBM Bersubsidi Aman Hingga Akhir 2014

JIBI Photo

Said, mengatakan lagi bahwa pihaknya akan tetap menggunakan kuota yang telah ditetapkan dalam APBN-Perubahan 2014. Pertamina ditugasi untuk tetap menyediakan BBM dengan harga subsidi.

Sudirman melanjutkan bahwa distribusi premium dan solar bersubsidi dipastikan akan tetap aman hingga tahun baru dan Pertamina harus memastikan ketersediaan pasokan BBM tersebut. Hal tersebut tetap harus berjalan meski realisasi kuota 46 juta kiloliter bakal terlampaui.

Pertamina akan menggunakan uangnya dulu untuk menutupi kelebihan kuota BBM bersubsidi. Dana yang dikeluarkan Pertamina tersebut nantinya akan diganti oleh pemerintah.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro juga mengatakan hal yang senada, bahwa kelebihan biaya dari distribusi BBM bersubsidi sepenuhnya bersumber dari dana perseoran yang nantinya akan diganti oleh pemerintah sesuai audit dari badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menkeu menambahkan bahwa pihak Pertamina telah melaporkan bahwa mereka merogoh kocek sendiri untuk memenuhi pasokan BBM bersubsidi hingga 31 Desember 2014. Yang terpenting dalam hal ini adalah pihak Pertamina tidak mengalami kerugian secara bisnis. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)