Home » News » Busyro Ingin Masuk Lagi ke KPK Karena Adanya Dorongan

Busyro Ingin Masuk Lagi ke KPK Karena Adanya Dorongan



Jakarta – Proses ‘Fit and proper test’ calon pimpinan (capim) Ketua Komisi Korupsi atau KPK telah dilangsungkan Komisi III DPR RI tepat pada hari ini, Rabu (03/12/2014). Dan salah satu hal yang menjadi pertanyaan penting adalah mengenai alasan paling dasar Busyro Muqoddas ingin kembali ke KPK.

Busyro Ingin Masuk Lagi ke KPK Karena Adanya Dorongan

Muslim Ayub yang merupakan salah satu anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional menanyakan alasan utama Busyro Muqoddas kembali mendaftarkan dirinya sebagai salah satu pimpinan ketua Komisi Pemberantas Korupsi dimana kemudian dijawab karena adanya dorongan dari berbagai pihak.

Busyro Muqoddas mengaku pada awalnya dirinya lebih memilih untuk kembali melakukan profesinya sebagai seorang pengajar setelah masa baktinya di KPK usai. Namun kemudian menjelang detik-detik keputusan dirubahnya karena kian lama semakin banyak yang memberikan usulan dan dorongan agar masuk lagi ke tubuh KPK.

“Jumlahnya meningkat (usulan kembali ke KPK), maka hati saya bilang untuk sikapi jernih. Kemudian saya minta saran dan ujungnya saya shalat Istiqarah. Jadi kalau tidak ada usulan seperti itu saya tidak akan ada di rungan ini (mengikuti ‘fit and proper test),” ungkap capim KPK Busyro Muqoddas.

Alasan itupun tidak serta merta diterima begitu saja oleh pihak Komisi III DPR yang beranggapan pernyataan terkait dapat membuat masyarakat menilai Busyro mudah terpengaruh jika muncul desakan. “Jangan sampai masyarakat pikir bapak gampang terkena desakan,” ujar Didik Mukrianto dari Fraksi Partai Demokrat.

Didik pun kembali menanyakan hal serupa dan meminta capim KPK Busyro Muqoddas memberikan alasan yang rasional. “Saya tidak menutup diri. Kalau tidak ada dorongan saya sudah kembali ke kampus,” tegas Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi pada periode 2010-2014 itu menjawab pertanyaan terkait. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)