Home » News » Bebasnya Pollycarpus, YLBHI Nyatakan Somasi Pada Presiden Jokowi

Bebasnya Pollycarpus, YLBHI Nyatakan Somasi Pada Presiden Jokowi



Jakarta – Langkah pemerintah yang membebaskan Pollycarpus Budihari Prijanto, terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib, mendapatkan kecaman dari berbagai kalangan. Bahkan Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (Kasum) melayangkan somasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly.

“Dengan ini kami akan menyampaikan somasi kepada presiden Joko Widodo atas bebasnya Pollycarpus,” tegas Direktur Yayasan Lembaga Bimbingan Hukum Indonesia (YLBHI), Febi Yonesta, di Gedung YLBHI, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (3/12/2014).

Bebasnya Pollycarpus, YLBHI Nyatakan Somasi Pada Presiden Jokowi

Menurut Febi, langkah pemerintah membebaskan Pollycarpus ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai keadilan dan rasa keadilan, bahkan dengan bebasnya mantan Pilot ini merupakan kegagalan pemerintah saat ini menjalankan system pemidanaan pada pelanggar HAM.

“Pembebasan bersyarat itu tentu menyakiti rasa keadilan masyarakat, dan mengganggu kepentingan publik,” tambahnya.

Baca Juga:

Apalagi perbuatan Pollycarpus tergolong sangat sadis dan mencoreng nama Indonesia di mata dunia. “Dalam putusannya Mahkamah Agung menyebutkan bahwa perbuatan Pollycarpus adalah perbuatan yang keji dan memalukan Indonesia di mata dunia,” tutupnya. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)