Home » Ekonomi & Bisnis » Berburu Saham Penghuni Baru di Pasar Modal Indonesia

Berburu Saham Penghuni Baru di Pasar Modal Indonesia



Jakarta- Manajemen BEI (Bursa Efek Indonesia) menargetkan terdapat 30 emiten mampu tercatat dalam pasar modal Indonesia pada tahun 2014. Terhitug hingga awal November 2014 terdapat 19 emiten baru yang tercatat mampu memperoleh dana hingga Rp 7,34 triliun.

Berburu Saham Penghuni Baru di Pasar Modal Indonesia

Angka tersebut memang masih dibawah perolehan dana yang berhasil dicatat saham perdana pada tahun 2013 yang mampu mencapai Rp 16,75 triliun dari 30 emiten saham yang ada. nampaknya di tahun 2014 ini memburu target jumlah emiten hingga 30 agak sulit.

Analis eokonomi Willian Suryawijaya dari PT Asjaya Indosurya Securities menjelaskan, pada tahun 2014 yang merupakan tahun politik menjadi pertimbangan sendiri dari menejemen perusahaan guna melakukan penawaran saham perdana/ IPO (Initial Public Offering). Para menejemen perusahaan melihat terlebih dahulu kondisi politik yang ada sehingga memperoleh kepastian yang jelas.

Walaupun demikian, menjelang akhir tahun 2014, terdapat lima perusahaan yang akan bergabung untuk melepas sahamnya ke publik. Kelima perusahaan tersebut diantaranya adalah PT Soechi Lines Tbk, PT Archi Indonesia Tbk, PT Impack Pratama Industri Tbk dan yang terakhir adalah PT Golden Plantation Tbk.

Sementara itu, menurut analis ekonomi Hans Kwee (PT Investa Saran Mandiri) menjelaskan peluang adanya penawaran saham menyambut akhir tahun 2014 ini agak ketat. Hal ini disebabkan oleh tingginya suku nunga acuan (BI Rate) yang menembus angka 7,75 persen menjadikan para investor sangat selektif dalam memilih saham.(Arkha Satya – sisidunia.com)