Home » Ekonomi & Bisnis » OPEC Tidak Mau Pangkas Pasokan, Harga Minyak Terus Tergerus

OPEC Tidak Mau Pangkas Pasokan, Harga Minyak Terus Tergerus



New York- keputusan yang diambil oleh negara-negara yang tergabung dalam organisasi ekspor minyak (OPEC) guna mempertahankan tingkat pasokan produksi telah mengakibatkan harga minyak mentah dunia kian tergerus menuju level terendah dalam empat tahu terakhir. Kini dunia tengah kebanjiran posokan minyak.

OPEC Tidak Mau Pangkas Pasokan, Harga Minyak Terus Tergerus

Dilansir SisiDuna.com dari AFP Jumat (28/11/2014), menyebutkan harga minyak mentah dengan jenis West Texas Intermediate (WTI) yang dipersiapkan untuk pengiriman Januari turun bebas menjadi US$ 69,11 barel. Ini merupakan harga terendah sejak tahun 2010.

Sedangkan untuk minyak mentah jenis Brent pengiriman Januari juga turun menjadi US$ 72,74/ barel. Terendah sejak empat tahun terakhir.

Organisasi yang memasok sepertiga minyak mentah dunia ini memutuskan untuk tetap mempertahankan produksinya, meski harga telah mengalami penurunan tajam hingga mecapai sepertiga dari Juni 2014.

Dalam pernyataan yang diberikan oleh OPEC menjelaskan terdapat sejumlah 12 negara anggotanya mengambil keputusan guna mempertahankan jumlah produksinya 30 juta barel/hari.

Di dalam pertemuan tersebut, OPEC juga dihadapkan oleh tekanan dari anggota lainya yang masih tergolong dalam negara miskin seperti Venezuela dan Ekuador untuk memangkas jumlah produkis demi menstabilkan harga. Karena, dengan harga minyak saat ini telah menurunkan pendapatan dari kedua negara tersebut.

Akan tetapi anggota lainya menolak pemangkasan produksi minya yang sudah ada, kecuali mendapat jaminan terutama di Amerika Serikat yang kini tengah kebanjiran shale gas. (Arkha Satya – sisidunia.com)