Home » Ekonomi & Bisnis » IHSG Hari Ini Memiliki Potensi Naik Menyambut Akhir Pekan

IHSG Hari Ini Memiliki Potensi Naik Menyambut Akhir Pekan



Jakarta- laju Indeks Harga Saham Gabungan diperkirakan akan menguat menjelang akhir pekan yang disokong oleh kebijakan Bank Indonesia yang sesuai sasaran kerena menaikan suku bunga acuan.

IHSG Hari Ini Memiliki Potensi Naik Menyambut Akhir Pekan

Analis ekonomi Arifin Hasudungan dari PT Mega Capital Investama menjelaskan, kebijakan yang diambil oleh BI bukan untuk menahan laju inflasi, namun untuk menarik dana dari luar negeri (asing).

Sesuai dengan tujuan awal BI, naiknya BI rate guna menahan potensi dari naiknya lemahnya rupiah lebih lanjut. Ini dapat dilihat dari sempat menguatnya rupiah. Oleh karena itu, pada perdagangan kemarin dana yang masuk dari asing mencapai Rp 500 miliar.

Arifin juga menambahkan, apabila BI tidak memiliki tujuan untuk menahan laju dari inflasi ialah dengan cara dikeluarkanya proyeksi inflasi untuk tahun depan maka capital outflow dapat terjadi.

Di perdagangan awal pekan Jumat hari ini, ia memprediksikan IHSG bergerak pada level support 5.050 sedangkan untuk level resistance berada pada level 5.150.

Untuk akumulasi saham, Arifin merekomendasikan saham PT Indofood Sikses Makmur Tbk (INDF), PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB), dan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).

Sedangkan pada perdagangan saham kemarin, IHSG ditutup dengan naik 12,27 poin (0,24 persen) menembus level 5.145,31. (Arkha Satya – sisidunia.com)