Home » Ekonomi & Bisnis » Gubernur Riau, Membantah Ada Pencabutan Izin Perusahaan

Gubernur Riau, Membantah Ada Pencabutan Izin Perusahaan



Jakarta- Arsyadjuliandi Rachman selaku Pelaksana tugas Gubernur Riau membantah terkait pencabutan izin perusahaan yang mengkonversi lahan gambut sebagai penyebab kebakaran lahan yang sering terjadi di Riau.

Gubernur Riau, Membantah Ada Pencabutan Izin Perusahaan

Pria yang akrab di panggil dengan Adi Rachmat tersebut menjelaskan, ketika presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan blusukan ke Riau tidak ada perintah untuk melakukan pencabutan izin terhadap seluruh perusahaan tersebut. Jokowi menyoroti tanamana sagu yang menjadi concern kedepannya.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, Presiden Jokowi hanya ingin mengetahui apa yang menjadi maslah kebakaran  serta ingin bertemu secara langusung kepada masyarakat di lokasi yang menjadi bekas kebakaran lahan tersebut di Meranti, Riau.

Terkait masalah perusahaan yang mengubah lahan gambut menjadi pola monokultur, Presiden Joko Widodo hanya aka meninjau ulang mengenai perizinan perusahaan yang melakukan konversi dari lahan gambut menjadi pola monokultur yang berpotensi merusak ekosistem yang ada.

Menurut Jokowi, ketika berkunjung langsung di Riau ia telah menemukan sejumlah lahan sagu yang rusak karena pola penanaman dengan cara monokultur. Selian itu, presiden dengan ciri khas blusukanya ini juga mengutarakan bahwa apabila dari udara hutan nampak hijau, maka harus dilihat secara seksama terlebih dahulu apakah itu memang benar-benar hutan hujan tropis atau hanya tanaman sejenis saja.

Sebelumnya, sempat tersiar berita setelah kunjunganya ke Riau ia memerintahkan kepada menteri yang yang terkait untuk mencabut izin perusahan-perusahan yang mengkonvensi lahan gambut menjadi monokultur dan diindikasi sebagai penyebab adanya kebakaran hutan yang sering terjadi saat ini. (Arkha Satya – sisidunia.com)