Home » Ekonomi & Bisnis » Gaji Para Guru di Indonesia Paling Kecil

Gaji Para Guru di Indonesia Paling Kecil



Jakarta- belum lama negeri ini telah memperingati hari Guru Nasional. Beragam kegiatan dilakukan di daerha-daerah untuk mengapresiasiakan peran seorang guru dalam membangun negeri.

Gaji Para Guru di Indonesia Paling Kecil

Pada dasarnya hari guru tidak hanya diperingati di Indonesia saja namun juga di berbagai negara lainya. Di Indonesia hari Guru Nasional jatuh pada tanggal 25 November dikarenakan bertepatan dengan hari jadi dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Adapun salah satu jasa negeri ini terhadap guru adaah dengan memberikan upah layak bagi pahlawan tanpa tanda jasa ini, meski hal tersebut bukan satu-satunya. Akan tetapi, meski hari Guru Nasional diperingati setiap tahun pada kenyataanya gaji para guru di Idonesia masih terbilang sangat kecil.

Data yang diambil dari 30 negara anggota Organisation for Economic Co-Operation and Developmen (OECD) yang SisiDunia lansir dari The Guardian, Indonesia merupakan negara yang ke 30 (terbawah) untuk masalah berapa nominal gaji yang guru terima. Gaji seorang guru di Indonesia hanya US$ 2.830/ tahun ataiu setara dengan Rp 34,4 juta/ tahunya.

Bahkan yang lebih mencegangkan, gaji guru yang ada di Indonesia apabila dibandingkan dengan Hungaria, negara yang satu peringkat diatas Indonesia. Mereka mengganji para guru pertahunya US$ 14.760.

Sementara itu, negara yang paling tinggi menggaji para gurunya dengan upah yang tinggi  adalah Swiss. Rata-rata guru di Swiss mendapatkan gaji US$ 68.000/ tahun lebih besar dari gaji untuk profesi lain yang hanya US$ 50.000/ tahun. (Arkha Satya – sisidunia.com)