Home » Ekonomi & Bisnis » Di Gorontalo, Harga Cabai Tembus 180 Ribu/kg

Di Gorontalo, Harga Cabai Tembus 180 Ribu/kg



Gorontalo- harga cabai yang ada di Gorontalo kini terus mengalami kenaikan. Bahkan sepekan terkhir ini, harga cabai rawit mampu tembus angka Rp 180 ribu/ kg. Melambungnya harga cabai di Gorontalo karena stok yang terbatas di daerah tersebut.

Di Gorontalo, Harga Cabai Tembus 180 Ribukg

Lisma salah seorang penjual cabai rawit di pasar Tapa, Bone Bolango (Gorontalo) menjelaskan, naiknya harga caba didaerahnya kerena tidak adanya stok dari pemasok seperti dari Sulawesi Tengah. Tak hanya itu, tidak mampunya petani cabai Gorontalo untuk memenuhi kebuthan cabai di daerah tersebut juga merupakan faktor kenapa harga cabai melambung tinggi.

Kondisi tersebut membuat ibu rumah tangga memaksa merogoh kantong dalam-dalam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu ibu rumah tangaa yakni ibu Sumirna Mokodompit mengaku, meski mahal ia terpaksa tetap membelinya, Karena cabai merupakan bahan utama yang tidak dapat dipisahkan dari masakannya.

Pada kesempatan sebelumnya, Rachmat Gobel selaku menteri perdagangan menjelaskan, kenapa harga cabai terus melambung tinggi. Salaah satunya karena engganya petani untuk menanam cabai hingga lahan penanaman cabai tidak sebanding dengan permintaan cabai dipasar.

Selain itu, anomali cuaca akibat dari perubahan iklim global beberapa tahun terakhir ini juga mengakibatkan turunya produksi cabai dari para petani. Hal tersebut juga berimbas pada pasokan tersedianya cabai secara nasional yang diiringi dengan melambungnya harga. (Arkha Satya – sisidunia.com)