Home » Ekonomi & Bisnis » 5 Juta Buruh Akan Menggelar Mogok Kerja Nasional

5 Juta Buruh Akan Menggelar Mogok Kerja Nasional



Jakarta- sebanyak 5 juta buruh rencananya akan melakukan aksi besar-besaran mogok nasional di beberapa daerah menunutuk untuk merevisi UMP/UMK serta menolak naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

5 Juta Buruh Akan Menggelar Mogok Kerja Nasional

Komposisi buruh tersebut bersal dari tiga konfederasi besar buruh yang ada di Indonesia yaitu Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederansi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), dan Konfederasi Serikat Pekerja Indoneisa (KSPI) serta elemen buruh lainya.

Menurut Mudhofir selaku presiden KSBSI menjelaskan, aksi mogok tersebut rencananya akan digelar secara serentak pada tanggal 10-11 Desember 2014  yang diperkirakan akan melumpuhkan tempat strategis nasional. Karena akan dialakukan di 20 Provinsi atau 150 Kota/Kabupaten.

Lebih jauh Mudhofir menjelaskan, aksi mogok yang dilakukan tidak hanya akan dilakukan oleh 3 konfederasi buruh serta elemen buruh lainya, namun juga akan diperluas dengan melibatkan LSM bahkan Mahasiswa untuk bersama-sama menciptakan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia terlebih untuk para buruh.

Ia juga mengaku khawatir terhadap pengaruh pengusaha hitam yang mulai terlihat semakin kuat. Terlebih sikap aparat yang represif aparat kepolisian yang menjadi pertanda bahwa aparat pro dengan pengusaha hitam. Ia dan teman-temanya khawatir akan kembali seperti pemerintahan Orde Baru dulu.

Oleh karena itu, aksi yang akan dilaksanakan pada 10-11 Desember tersebut sangat bralasan. Tidak hanya buruh yang melakukan aksi mogok, akan tetapi juga akan melibatkan Mahasiswa karena ini sifatnya untuk jangka panjang menuju Indonesia yang makmur dan sejahtera.(Arkha Satya – sisidunia.com)