Home » Ekonomi & Bisnis » Pengusaha Menagih Janji Para Dubes RI Untuk Memperkenalkan Jamu di Luar Negeri

Pengusaha Menagih Janji Para Dubes RI Untuk Memperkenalkan Jamu di Luar Negeri



Jakarta- Para pelaku usaha yang bergabung dalam ikatan Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia tengah menunggu realisasi dari janji Presiden Jokowi yang menyuruh seluruh Duta Besar Indonesia yang ada di luar negeri berperan aktif sebagai marketing dari produk lokal dalam negeri.

Pengusaha Menagih Janji Para Dubes RI Untuk Memperkenalkan Jamu di Luar Negeri

Dengan cara yag demikian, menurut Putri Kuswisnu Wardani yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Tradisional yang berbudaya menjelaskan, apabila hal tersebut direalisasikan maka akan membuka potensi yang sangat besar terhadap produk jamu Indonesia untuk lebih dikenal luas khususnya diluar negeri. Selain itu produsen juga tidak perlu mengganti nama jamu dengan kata ‘obat tradisional’ maupun lain sebagainya.

Putri juga mengamati gerak dari Presiden Jokowi dipertemuan pemimpin dunia APEC 2014 Beijing, China. Disana Presiden Jokowidodo meminta dengan apa adanya kepada pemerintah China bahwa Indonesia ingin ada langkah resiprokal.

Hal tersebut dilakukan karena produk asal China yang masuk ke Indonesia sangatlah banyak mulai dari alat sederhana sampai yang berbasis teknologi. Sementara barang Indonesia yang masuk ke negeri Tirai Bambu tersebut sangatlah sedikit.

Tak hanya itu, Direktur Utama PT Mustika Ratu tersebut juga meminta kepada Presiden Jokowi untuk meminta secara tegas kepada pemerintah China terkait kualitas produk-produknya. Pasalnya masih banyak barang kosmetik, susu formula, obat tradisional yang berasal dari negeri tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya. (Arkha Satya – sisidunia.com)