Home » News » Operasi Zebra Jaya 2014: Jakarta Barat Tertibkan 450 Pengendara di Hari Pertama

Operasi Zebra Jaya 2014: Jakarta Barat Tertibkan 450 Pengendara di Hari Pertama



Jakarta โ€“ Terhitung sudah dua hari Operasi Kepolisian Terpusat Zebra Jaya 2014 atau yang biasa disebut Operasi Zebra resmi dilangsungkan. Pada hari pertamanya (Rabu, 26/11/2014), Operasi Zebra Jaya berhasil menjaring total 451 pelanggar lalu lintas di wilayah Jakarta Barat.

Operasi Zebra Jaya 2014: Jakarta Barat Tertibkan 450 Pengendara di Hari Pertama

Saat ditemui tim SisiDunia (Kamis, 27/11/2014), Ipung Purnomo selaku Kasat Wilayah Lalu Lintas Jakarta Barat mengungkapkan bahwa jumlah pelanggaran terbanyak didominasi oleh pengendara kendaraan roda dua yang melawan arus dan tidak memakai atribut keselematan lalu lintas (helm).

Untuk wilayah Jakarta Barat, Operasi Zebra Jaya dilakukan di tiga titik, yakni Slipi Jaya, Grogol dan Peninsula. Tiga titik tersebut merupakan wilayah paling padat arus lalu lintasnya, karena selain mengurangi jumlah pelanggaran lalu-lintas, Operasi Zebra Jaya juga dilakukan untuk mengurai kemacetan di wilayah Jakarta. Terutama kendaraan roda dua dan kendaraan umum yang tidak patuh peraturan lalu lintas, sehingga membuat tingkat kemacetan semakin parah.

Baca juga:
Operasi Zebra Jaya 2014: 135 Pelanggar Lalu-Lintas Terjaring di Jakarta Utara

Dari total 451 pelanggaran, tercatat terdapat 401 pelanggar yang dikenakan surat tilang , sementara 50 lainnya diberi surat teguran. Ipung mengungkapkan tingginya angka pelanggaran tersebut menunjukkan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu-lintas.

Operasi Zebra Jaya sendiri digelar oleh Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya selama 14 hari, terhitung mulai 26 November hingga 9 Desember 2014 mendatang. Operasi ini bertujuan untuk menekan jumlah pelanggaran lalu lintas dan mengurangi kemacetan di beberapa titik potensial. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)