Home » News » Capella Ungkap Alasan Absennya Sejumlah Fraksi di Rapat Pleno Terkait KPK

Capella Ungkap Alasan Absennya Sejumlah Fraksi di Rapat Pleno Terkait KPK



Jakarta – Proses pelaksanaan ‘Fit and Proper Test 2’ untuk calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi oleh pihak Komisi III DPR RI terpaksa ditunda karena sejumlah fraksi yang tergabung ke dalam Koalisi Indonesia Hebat tidak hadir setelah ditunggu selama kurun waktu kurang lebih 30 menit.

Capella Ungkap Alasan Absennya Sejumlah Fraksi di Rapat Pleno Terkait KPK

Mengenai ketidakhadiran tersebut, Rio Capella selaku anggota fraksi Nasdem di Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat RI menyatakan sebagian besar partai politik di Koalisi Indonesia Hebat (KIH) belum menyampaikan nama komisi sehingga menimbulkan polemik. Namun demikian diyakini hal itu bisa selesai sebelum reses.

Jakarta, Kamis (27/11/2014), politisi Partai Nasdem Rio Capella berujar, “Bisa (selesai) sebelum reses.” Selain itu anggota Komisi III DPR fraksi Nasional Demokrat itupun mengusulkan Joko Widodo selaku Presiden RI mengeluarkan Peraturan Presiden Pengganti Undang-Undang sebagai penguat payung hukumnya.

“Bisa saja dengan Perppu dari presiden karena kondisi darurat,” tandasnya seraya berujar proses pemilihan dapat dilakukan saat ini sebelum reses, namun pelantikannya dilangsungkan pada tahun 2015, dimana kejadian serupa pernah terjadi ketika Antasari Azhari tersandung masalah beberapa waktu silam.

Menilik pada Undang Undang Nomor 30 tahun 2014 yang berkaitan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pimpinan negara di lembaga terkait sejatinya memang berjumlah 5 orang, dimana satu orang ditetapkan sebagai Ketua, dan 4 lainnya menjadi Wakil Ketua maupun anggota. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)