Home » Ekonomi & Bisnis » Selidiki Blok Mahakam, Pertamina Kirim Tim

Selidiki Blok Mahakam, Pertamina Kirim Tim



Jakarta – PT Pertamina (Persero) telah menyatakan kesiapanya untuk mengelola tambang minyak yang ada di Blok Mahakam (Kalimantan Timur) yang saat ini dikelola oleh PT Total E&P Indonesia dan Inpex Corpoeration.

Selidiki Blok Mahakam, Pertamina Kirim Tim

Ali Mudakir selaku Vice Presiden Corporate Communication menjelaskan, pihak Pertamina pekan ini akan mengirim tim untuk mendata Blok Mahakam guna menyusun proposal untuk mengelola blok tersebut.

Selain itu juga dari Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina sendiri mengatakan jika pihak Pertamina juga akan siap untuk bekerjasama dengan Inpex dan Total guna mengelola blok tersebut, tentu dengan pertimbangan bisnis.

Pemerintah sendiri menegaskan, PT Pertamina (Persero) sebenarnya mendapatkn hak mayoritas untuk mengelola Blok Mahakam tersebut. Akan tetapi Pertamina juga disarankan untuk tetap bekerjasama dengan kontrak kerjasama sebelumnya.

Nuryanto Wagimin selaku Pelaksana Tugas Direktur Minyak dan Gas Bumi di Kementrian ESDM menjelaskan, hak yang diterima oleh Pertamina tidak begitu saja. Pemerintah memberikan hak prioritas kepada Pertamina dengan sarat yang dapat diajukan oleh perusahaan tersebut.

Lebih lanjut ia memaparkan , oleh karena itu dapat 100 persen namun bisa juga hanya diats 51 persen kepemilkanya. Dilihat terlebih dahulu tawaran darinya.

Total E&P Indonesia secara 100 persen telah mengelola kontrak pertama Blok Mahakam pada tahun 1967 sampai 1997. Perpanjang kontrak yang baru adalah tahun 1997 sampai 2017. Total E&P mengelolan Blok Mahakam tersebut bekerjasama dengan Inpek Corp asal Jepang. (Arkha Satya – sisidunia.com)