Home » News » Jokowi Resmi Telah Menaikkan Harga BBM, Menteri ESDM: Harus Siap Dalam Mengambil Keputusan

Jokowi Resmi Telah Menaikkan Harga BBM, Menteri ESDM: Harus Siap Dalam Mengambil Keputusan



Jakarta – Banyak dari para Senator di Komite II DPD meminta alasan dari pemerintahan mengenai naiknya harga BBM bersubsidi yang mencapai Rp 2000/liter. Disini Menteri ESDM Sudirman Said, langsung memberikan penjelasan, bahwa dengan naiknya harga BBM ini membuat angka kemiskinan menjadi lebih menurun.

Jokowi Resmi Telah Menaikkan Harga BBM, Menteri ESDM: Harus Siap Dalam Mengambil Keputusan

“Selama ini yang saya tahu banyak sekali pihak yang menentang kebijakan yang sudah diambil ini, membuat rakyat semakin miskin. Sebenarnya ini semua tidak ada hubungannya, harga BBM meningkat justru akan membuat angka kemiskinan menurun,” ungkap Sudirman Said, di dalam ruang komite II DPD RI, Rabu (26/11/2014).

Sudirman juga mengatakan bahwa sudah cukup lama disadari, bahwa selama ini BBM bersubsidi banyak sekali dinikmati oleh kalangan menengah hingga ke atas.

“Jadi setidaknya sekitar 78% yang menikmati BBm bersubsidi, ya orang-orang seperti kita ini, justru masyarakat yang miskin tidak menikmatinya,” ucapnya.

Ini semua justru sebaliknya, di saat pemerintah resmi menaikkan harga BBM bersubsidi ini justru bisa membuat penghematan untuk anggaran bersubsidi. Dan bisa digunakan untuk pembangunan yang bersifat infrastruktur, dan bisa menguntungkan rakyat kecil, dengan begini justru angka kemiskinan akan menurun.

“Menurut catatan sejak 2003 harga BBm mulai dinaikkan hingga sekarang ini. Justru ketika berulang kali BBm dinaikkan, angka kemiskinan semakin menurun,” ujarnya.

“Intinya pemerintah harus siap dalam mengambil keputusan seperti ini dan juga harus berani. Sebab tidak akan ada negara maju, yang hanya membuat manja masyrakatnya, justru jika seperti ini akan membuat negara tersebut akan tertinggal jauh. Ini disebabkan karena rakyat tidak dilatih untuk diberikan kebutuhan sesuai dengan harga yang nyata,” jelasnya. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)