Home » Ekonomi & Bisnis » Harga Mnyak Terus Anjlok Seiring Menanti Pertemuan OPEC

Harga Mnyak Terus Anjlok Seiring Menanti Pertemuan OPEC



New York – Harga minyak berjangka kini terus merosot diawal pekan yang didorong oleh batas waktu melakukan pembicaraan terkait program nuklir yang diperpanjang serta langkah organisasi negara yang tergabung dalam OPEC untuk memangkas produksi agar dapat mengendalikan harga.

Harga Mnyak Terus Anjlok Seiring Menanti Pertemuan OPEC

Dikutip SisiDunia.com dari Marketwatch, harga minyak dengan jenis light sweet untuk pengiriman bulan Januari yang turun 73 sen (1,06 persen) kini menjadi US$ 75,78/ barel di Mercantile Exchange di New York.

Sedangkan untuk minyak jenis brend pengiriman Januari juga anjlok 68 sen atau 0,9 persen menuju level US$ 79,68/ barel.

Sentimen global karena adanya pembicaraan antara iran dan 6 negara besar terkait pembatasan program nuklir Iran yang akan diperpanjang sampai 30 Juni.

Selain itu, adanya kesepakatan dalam pembicaraan tersebut untuk mencabut sanksi ekspor minyak di Iran juga dikahawatirkan akan menambah pasokan minyak secara global.

Para pelaku pasar juga tengah mengamati pertemuan negara-negara pengespor minyak (OPEC) yang akan diselenggarakan kamis pekan ini.

Analis ekonom Phil Flynn dari Price Futures menjelaskan, Arab Saudi sepertinya akan fokus terhadap produksi minyak terlebih ancaman dari Amerika Serikat. Adanya produsen minyak AS telah mengakibatkan sulitnya bagi kartel tua serta tidak ada kesepakatan apa yang harus dilakukan. (Arkha Satya – sisidunia.com)