Home » News » Janji Pemprov DKI Jakarta Bebaskan Kampung Pulo dari Banjir

Janji Pemprov DKI Jakarta Bebaskan Kampung Pulo dari Banjir



Jakarta – Pada tahun ini, kawasan Kampung Pulo sangat berkemungkinan besar masih dilanda bencana banjir ketika hujan turun terutama dengan curah deras. Namun untuk tahun 2016 mendatang, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan janji hal itu (banjir) tidak akan kembali terjadi.

Janji Pemprov DKI Jakarta Bebaskan Kampung Pulo dari Banjir

Saefullah selaku Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta dalam keterangannya menyampaikan hal itu dinyatakan setelah mendapat penjelasan lebih lanjut dari pihak Dinas Pekerjaan Umum, Balaikota, Jakarta, Senin (24/11/2014). “2016 mendatang udah sip. Ga ada hambatan soal banjir,” tegasnya.

Namun demikian pernyataan Saefullah diiringi catatan semua program penambahan pintu air didareah Ibukota DKI Jakarta berlangsung sesuai dengan rencana yang telah tertetapkan, dimana laporan terbarunya saat ini disampaikan Pintu Air Manggarai serta Pintu Air Karet masih dalam proses pembenahan.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menegaskan jika nantinya 2 pintu air itu daya tampungnya telah ditambah, maka beban Kampung Pulo secara berkelanjutan dapat terus dikurangi. “Kalau ini sudah rampung (pembenahan 2 pintu air terkait), beban di Kampung Pulo berkurang,” tukasnya.

Disampaikan pula masalah banjir di Kampung Pulo bisa semakin teratasi dengan adanya sodetan kali Ciliwung serta Waduk Ciawi. Adapun untuk Pintu Air Manggarai ditargetkan mampu menampung hingga 500 meter kubik air perdetik. Sementara Pintu Air Karet ditetapkan untuk memiliki daya tampung 720 meter kubik perdetik. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)