Home » Travel & Kuliner » Resep Masakan Cina: Cara Membuat Ayam Kung Pao

Resep Masakan Cina: Cara Membuat Ayam Kung Pao



Jakarta – Anda semua pasti mendengar masakan cina yang bernama ayam kung pao bukan? Biasanya menu makanan ini akan dihidangkan pada saat acara Imlek, nisa juga saat tahun baru Cina. Sajian ini tentu kaan menjadi hidangan yang istimewa di rumah anda.

Resep Masakan Cina: Cara Membuat Ayam Kung Pao

Jika anda ingin menikmati ayam kung pao ini, tentunya tidak usah menunggu saat Imlek ataupu tahun baru Cina datang. Anda bisa saja langsung menyajikannya saat berkumpul dengan keluarga, penasaran dengan cara membuatnya. Simak saja resep di bawah ini yang kami peroleh dari kiriman yang sudah masuk redaksi sisidunia, Minggu (23/11/2014).

Bahan:
400 gram paha, potong kotak besar
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh kecap jamur
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kecap ikan
1/2 sendok teh minyak wijen
1/2 sendok teh garam

Bahan Saus:
2 buah cabai kering, dipotong 3 cm
3 siung bawang putih, dihaluskan
2 sendok makan saus tomat
2 sendok makan saus tiram
2 sendok teh kecap manis
1/2 sendok teh minyak wijen
1/4 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh air jeruk lemon
1 sendok teh maizena dan 1 sendok teh air, larutkan
100 ml air
50 gram kacang mede utuh, digoreng

Campurkan terlebih dahulu ayam dengan bawang putih, kecap jamur, kecap ikan, garam, merica bubuk serta minyak wijen. Diamkan sampai bumbu meresap kurang lebih selama 15 menit, setelah itu goreng.

Selanjutnya tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan ayam. Aduk semua sampai merata, dan tercampur dengan ayam. Beri tambahan saus tomat, saus tiram, kecap manis serta gula pasir, lalu aduk kembali sampai merata. Beri air, kemudian biarkan hingga mendidih.

Setelah mendidih masukkan tepung maizena untuk mengentalkan. Dan beri tambahan air jeruk lemon sebelum diangkat, jangan lupa sajikan dengan taburan kacang mente diatasnya. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)