Home » News » Mahasiswa Teknik Mesin ITS Ciptakan Bus Bertenaga Listrik

Mahasiswa Teknik Mesin ITS Ciptakan Bus Bertenaga Listrik



Surabaya – Prestasi mengagumkan kembali ditorehkan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Moda transportasi dengan menggunakan tenaga listrik berkemampuan menempuh jarak 200 km berhasil diciptakan para mahasiswa ITS yang dinyatakan memiliki daya tampung sekitar 20 hingga 30 penumpang.

Mahasiswa Teknik Mesin ITS Ciptakan Bus Bertenaga Listrik

Daya tampung itu dinyatakan 9 diantaranya duduk dimana sisanya berada didalam bus yang memiliki tinggi 2.8 meter, panjang 5 meter, serta lebar 2.3 meter tersebut dengan posisi berdiri. Adapun bus bertenaga listrik terkait merupakan hasil ciptaan para mahasiswa ITS jurusan Teknik Mesin.

Moda transportasi yang didominasi warna oranye, merah, dan hitam tersebut diungkap lebih lanjut memiliki kecepatan 8-100 Km/jam dengan daya tempuh untuk sekali pengisian baterai sejauh maksimal 200 km. Adapun terkait proses pengisian baterainya dinyatakan membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 5 jam.

Salah seorang mahasiswa ITS jurusan Teknik Mesin pembuat bus bertenaga listrik itu bernama Agus Muklisin mengatakan daya yang digunakan pada kendaraan terkait adalah Solar Cell dengan kapasitas 2 KW, dan kapasitas baterainya 120 Ah/320 volt, dimana pengisian berlangsung bisa melalui dua cara tertetapkan.

Dan untuk mengetahui persediaan tenaga listrik terkini pada kendaraan terkait, dapat dipantau melalui dashboard bus yang telah dipasangi dengan monitor khusus. Disampaikan pula pembuataan moda transportasi tersebut membutuhkan waktu sekitar 3 bulan oleh 25 mahasiswa ITS Teknik Mesin serta 7 dosen ITS. (Dwi Kristyowati – SisiDunia.Com)