Home » News » Kementerian Agama Berlakukan Moratorium Izin Penyelenggara Umrah

Kementerian Agama Berlakukan Moratorium Izin Penyelenggara Umrah



Jakarta – Kementerian Agama dikabarkan telah memberlakukan moratorium izin penyelenggara umrah untuk beberapa waktu ke depan. Moratorium atau penghentian tersebut diberlakukan karena selama ini izin penyelenggara umrah terlalu mudah didapatkan, namun banyak terdapat laporan dari pengguna jasa terkait buruknya pelayanan dari penyelenggara umrah. Bahkan ada beberapa penyelenggara yang dianggap kurang memperhatikan soal keselamatan, oleh karenanya untuk saat ini pihak Kementerian Agama berniat untuk menertibkan penyelenggara umrah yang ‘bandel’ sebelum membuka kembali izin penyelenggara umrah.

Kementerian Agama Berlakukan Moratorium Izin Penyelenggara Umrah

Saat ditemui oleh tim SisiDunia (Minggu, 23/11/2014), Abdul Djamil selaku Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama mengungkapkan bahwa moratorium izin penyelengara umrah ini akan diberlakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menurut Djamil, saat ini minat masyarakat untuk berumrah makin meningkat akibat dampak dari lamanya masa tunggu untuk melaksanakan ibadah haji. Namun tingginya minat masyarakat tersebut tidak dibarengi dengan kualitas pelayanan prima bagi para jamaah. Djamil melanjutkan bahwa saat ini sudah terlalu banyak biro perjalanan yang terbilang lalai dan sulit untuk dikendalikan, maka untuk sementara waktu izin akan dihentikan terlebih dahulu.

Selama moratorium ini berlangsung, pemerintah meminta para biro perjalanan haji dan umrah yang telah eksis untuk tetap memperhatikan kualitas pelayanan. Jika nantinya ditemukan pelanggaran, seperti menelantarkan jamaah, hal tersebut dapat langsung diproses secara hukum dan izin penyelenggara dapat dicabut, karena pihak Kementerian Agama saat ini telah menggandeng Badan Reserse Kriminal Mabes Polri untuk mengawasi jalannya penyelenggaraan haji dan umrah. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)