Home » Ekonomi & Bisnis » Hargai Cabai Semakin Mahan Karena Lahan Semakin Berkurang

Hargai Cabai Semakin Mahan Karena Lahan Semakin Berkurang



Jakarta- beberapa hari terakhir ini, hargai cabai semakin melambung. Ada banyak faktor yang menjadikan naiknya komoditas pangan tersebut.

Hargai Cabai Semakin Mahan Karena Lahan Semakin Berkurang

Srie Agustina selaku Jendral Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan mengatakan, naiknya harga cabai memang sudah terjadi semenjak 2 minggu terakhir.

Ia juga menjelaskan, salah satu dari penyebab harga cabai melonjak di beberapa wilayah karena berkurangnya lahan tanaman cabai. Menurut Srie, untuk saat ini lahan penanaman cabai berkurang hingga empat puluh persen.

Dengan berkurangnya lahan penanaman cabai ini mengakibatkan produksi cabai menurun sehingga berdampak juga kepada pasokan cabai di pasaran.

Lebih lanjut Srie menjelaskan, pasokan cabai ke pasar keramat jati, Jakarta yang pada hari biasa sebanyak 150 – 200 ton/hari, kini hanya mendapat pasokan 90 ton saja. Hal serupa juga terjadi pada pasar Induk Tanah Tinggi di Tanggerang yang pada hari biasa mendapat pasokan 100 ton/hari kini hanya memperoleh 75 ton/hari.

Selain lahan yang berkurang, masalah cuaca yang beberapa waktu yang lalu mengalami kemarau panjang juga memberikan pengaruh terhap harga cabai.

Untuk solusi jangka pendek mengatasi situasi ini, Srie mengungkapkan pihaknya akan berusaha sebisa mungkin supaya daerah-daerah yang kekurangan pasokan cabai dapat ditambah pasokanya dari daerah yang memiliki panen berlebih. Dengan adanya langkah ini diharapkan mampu membantu dan mengendalikan harga cabai. (Arkha Satya – sisidunia.com)