Home » Ekonomi & Bisnis » Ekspor Perhiasan Indonesia Melesat 100% Karena Semakin Disenangi di Pasaran

Ekspor Perhiasan Indonesia Melesat 100% Karena Semakin Disenangi di Pasaran



Jakarta- produk perhiasan asal Indonesia kini kelihatanya semakin di gandrungi oleh masyarakat negara lain. Tercatat Indonesia banyak menekspor perhiasan ke negara lain seperti Singapura dan Amerika Serkat (AS).

Ekspor Perhiasan Indonesia Melesat 100% Karena Semakin Disenangi di Pasaran

Menurut Nus Nuzullia Ishak selaku direktur jendral pengembangan ekspor nasional, kementerian perdagangn menjelaskan, tidak hanya di AS dan Singapura perhiasan RI juga diminati di Hongkong, Afrika Selatan, dan Uni Emirat Arab.

Kinerja perhisan di Indonesia pun kini semakin cemerlang dengan. Ini terlihat dari dari periode Januari-Agustus 2014 sektor ini mampu mentorehkan nilai ekspor hingga mencapai US$ 3,17 miliar. naik 100,42 persen daru tahun lalu Padahal untuk target ekspor perhiasan sendiri hany di target sebesar US$ 2,3 miliar.

Sementara itu produk perhiasan Indonesia juga telah di akui di pasar lokal maupun luar negeri. Bahkan beberapa diantaranya telah memperoleh penghargaan World Craft Council di kategori perhiasan yang memiliki kualitas yang sempurna.

Selain itu juga masuk dalam nominasi berbasis pada budaya dan tradisi lokal, ramah lingkungan dan memenuhi tanggung jawab sosial, kreatif dalam bentuk dan proses pembuatanya, serta dapat diterima oleh oleh pasar domestik dan internasional.

Sebagai salah satu produk kreatif ekonomi Indonesia yang inovatif, produk perhiasan memiliki keunggulan tersendiri dalam pasar global. Ini dapat dilihat dari tren positif ekspor perhiasan nusantara yang mencapai 28,03 persen pada lima tahun terakhir ini. (Arkha Satya – sisidunia.com)