Home » Ekonomi & Bisnis » Ekspor Kopi ke China Kian Pesat Karena Naiknya Konsumsi

Ekspor Kopi ke China Kian Pesat Karena Naiknya Konsumsi



Jakarta- ekspor Kopi dari Indonesia ke China kelihatanya semakin menunjukan sisi positif. Hal tersebut karena tingkat dari konsumsi kopi di negeri China tersebut terus menunjukan peningkatan di setiap tahunnya.

Ekspor Kopi ke China Kian Sumringah Karena Naiknya Konsumsi

Nuuzulia Ishak selaku direktur Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagaangan menjelaskan nilai ekspor Indonesia ke China dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini terus mengalami pertumbuhan dengan kisaran 82,6 persen.

Kondisi tersebut ditengarahi karena perubahan gaya hidup minum kopi di China telah menggeser keebiasaan minum teh. Dan ini merupakan peluang yang besar bagi Indonesia.

Sbagai pasar yang potensial bagi Indonesia di sektor kopi, permintaan negeri tirai bambu tersebut sangat besar terhadap kopi. Bahkan saat ini China menempati negara dengan urutan ke 18 sebagai negara importir kopi dari Indonesia.

Untuk jenis kopi yang digemari adalah seperti Kopi Luwak, Kopi Toraja, Kopi Bali, Kopi Jawa, Kopi Mendheling, dan Kopi Gayo.
Ishak lebih lanjut juga menjelaskan, untuk saat ini dominasi ekspor kopi di Indonesia ke China masih didominasi oleh green bean coffee yang memiliki nilai yang lebih rendah. Oleh karena itu, kopi Indonesia perlu ada pengarahan kopi Indonesia ke roasted bean coffe yang memiliki nilai tambah yang lebih tinggi.

Selain itu, harus ada usaha yang lebih proaktif dari semua pihak untuk memasarkan dan mempromosikan kopi instan Indoneia untuk kelas entry level. (Arkha Satya -sisidunia.com)