Home » Ekonomi & Bisnis » DPR : Ini Efek Dari Naiknya Harga BBM Subsidi

DPR : Ini Efek Dari Naiknya Harga BBM Subsidi



Jakarta – secara resmi DPR komisi VI mengeluarkan pernyataan tentang naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang telah diputuskan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu kemarin.

BBM NAIK

Heri Gunawan selaku Ketua Komisi VI menjelaskan, secara utuh DPR menyesalkan atas kebijakan pemerintah menaikan harga BBM subsidi, karena kebijakan tersebut dinilai membawa dampak serius di berbagai bidang ekonomi.

Beberapa alasan yang di ungkapkan oleh Komisi yang membawahi sektor perindustrian dan perdagangan tersebut adalah harga minyak dunia kini cenderung mengalami penurunan dan hal tersebut dibawah berada di bawah Angaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Tahun 2014.

Yang kedua, pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini mengalami perlambatan serta tingkat inflasi yang tajam. Ketiga naiknya BBM subsidi tersebut menambah deretan kemiskinan yang kini sudah menembus angka 29 juta jiwa.

Sementara itu, Achmad Hafisz sebagai Ketua Komisi VI memapertanyakan langkah-langkah apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah guna menanggulangi melambungnya inflasi, naiknya harga kebutuhan, menurunya daya beli masyarakat serta melemahnya daya saing perekonomian negara.

Tidak hanya itu, ia juga meminta kepada pemerintah untuk dapat merumuskan alternatif yang lain sesuai dengan Pasal 20A UU No. 12 Tahun 2014 mengenai APBN-P 2014 yang tidak mengalihkan beban fisikal pemerintah menjadi beban rakyat. (Arkha Satya – sisidunia.com)