Home » News » Berita ISIS: AS Terus Desak Turki Perangi ISIS

Berita ISIS: AS Terus Desak Turki Perangi ISIS



Ankara โ€“ Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Turki. Dalam pertemuannya dengan Presiden Turki, Tayyip Erdogan, Biden terus mendesak Turki untuk lebih aktif memerangi kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Berita ISIS: AS Terus Desak Turki Perangi ISIS

Biden dan Erdogan juga membahas masalah krisis di wilayah perbatasan antara Turki dan Suriah. Masalah yang dibahas bukan hanya mengenai pertempuran untuk mencegah ISIS menguasai perbatasan Turki dan Suriah, namun juga mengenai pencegahan masuknya pejuang-pejuang baru ke Suriah melalui Turki.

Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 22/11/2014), Biden mengatakan bahwa Turki telah menjadi negara sahabat AS sejak lama. Dan sebagai sesama anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Biden menghimbau kepada Turki bahwa inilah saatnya untuk bahu membahu menyelesaikan masalah bersama, yaitu ISIS.

Baca juga:
Berita ISIS: 300 Warga Swedia Bergabung Bersama ISIS

Selama ini Pemerintah Turki terkesan kurang aktif untuk menyelesaikan masalah ISIS yang terus mengancam wilayah perbatasannya. Pemerintah Turki hanya mengambil langkah defensif, menempatkan kekuatan militernya di sekitar perbatasan tersebut, serta mengijinkan tentara Kurdi dari Irak untuk masuk melintas di wilayahnya untuk melawan pergerakan dari ISIS. Menurut AS, langkah tersebut dinilai masih kurang.

Sekedar informasi, pada dasarnya Pemerintah Turki juga bersikap kontra terhadap Pemerintahan Presiden Suriah, Bashar al Assad. Negara tersebut bahkan dikabarkan tengah berusaha melengserkan Presiden al Assad. Bila dilihat dari sini, agenda ISIS dan Turki di Suriah sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun tentunya, cara-cara yang dilakukan Pemerintah Turki tidak sekejam cara-cara yang dipraktikkan oleh ISIS. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)