Home » News » Berita ISIS: 300 Warga Swedia Bergabung Bersama ISIS

Berita ISIS: 300 Warga Swedia Bergabung Bersama ISIS



Stockholm –Badan Intelijen Swedia, Sabtu kemarin (22/11), melaporkan bahwa setidaknya 300 orang warga Swedia telah berperang bersama kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Berita ISIS: 300 Warga Swedia Bergabung Bersama ISIS

Kepala Badan Intelijen Swedia, Anders Thornberg, melaporkan bahwa pihaknya telah mengkonfirmasi bahwa 100 orang warga Swedia telah ikut berperang bersama ISIS. Selain itu, terdapat pula ratusan warga Swedia lainnya yang belum terkonfirmasi atau belum sempat terhitung. Thornberg mengatakan lagi bahwa perkiraan jumlah warga Swedia yang bergabung bersama ISIS adalah sebanyak 250 hingga 300 orang.

Lebih lanjut, Thornberg menambahkan bahwa jumlah pemuda Swedia yang bergabung bersama ISIS akan terus meningkat. Mereka dilaporkan mendatangi kamp-kamp pelatihan ISIS untuk belajar dan berlatih menggunakan bahan peledak dan senjata api.

Yang paling mengkhawatirkan, menurut Thornberg, adalah bila pemuda-pemuda yang sudah terlatih perang tersebut kembali ke Swedia, dan melancarkan aksi-aksi terorisme di dalam negeri. Tentu hal tersebut harus segera dicegah.

Pemerintah Swedia sendiri pada akhir Oktober 2014 lalu, telah mengeluarkan undang-undang yang melarang warga negaranya untuk terlibat dalam konflik bersenjata di luar negeri. Undang-undang ini memang belum terbukti bisa mencegah pergerakan para simpatisan ISIS asal Swedia untuk bergabung bersama kelompok radikal tersebut.

Sebelumnya, Koordinator Anti-Terorisme dari Uni Eropa, Gilles de Kerchove, juga telah melaporkan bahwa sekitar 3.000 warga Eropa, dari berbagai negara, telah bergabung bersama ISIS, dan ikut berperang di Irak maupun Suriah. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)