Home » Ekonomi & Bisnis » Harga Minyak Terus Tertekan Seiring Menanti Pertemuan OPEC

Harga Minyak Terus Tertekan Seiring Menanti Pertemuan OPEC



London – Morgan Stanly selaku lembaga keungan memproyeksikan harga minyak dunia akan kembali menguat apabila hasil dari pertemuan negara-negara yang tergabung dalam OPEC minggu depan akan mengambil kebijakan untuk mengontrol pasokan minyak.

Harga Minyak Terus Tertekan Seiring Menanti Pertemuan OPEC

Dikutip dari Bloomberg pada Kamis (20/11/2014), harga minyak mentah berjangka jenis brent diperjual belikan dengan level harga US$ 78,79/ barel di ICE Futures Europe, London. Sebelumnya harga minyak jenis Brent ini sempat berada pada posisi US$ 76,76/ barel, ini merupakan level terendah sejak empat bulan terakhir ini.

Harga minyak kini terus mengalami tekanan setelah pada Juni 2014 lalu mencapai level tertinggi. Bahkan terhitung penurunan minyak mentah jenis Brent ini telah turun sebesar 31 persen.

Adam Longson seorang analis komoditas dari Morgan Stanly mengungkapkan, harga minyak akan ditentukan oleh hasil pertemuan negara-negara yang tergabung dalam OPEC. Apabila negara-negara tersebut sepakat untuk memangkas pasokan atau produksi kurang lebih 29,5 juta barel/ hari, tidak menutup kemungkinan harga minyak akan kembali menguat.

Akan tetapi, apabila keputusan tersebut tidak terealisasi Adam memprediksikan harga minyak akan terus tertekan menuju level paling bawah. Saat ini terdapat sejumlah negara yang enggan menurunkan produksi minyaknya salah satunya adalah Arab Saudi.

Bahkan harga minyak dunia dapat mencapai US$ 34/ barel apabila pertemuan OPEC pada minggu depan tidak dapat mencapai kesepakatan. Dan prediksi harga tersebut merupakan harga terendah sepanjang sejarah harga minyak yang ada. (Arkha Satya -sisidunia.com)