Home » Ekonomi & Bisnis » Gubernur BI Mengingatan Jokowi Tantangan Ekonomi RI

Gubernur BI Mengingatan Jokowi Tantangan Ekonomi RI



Jakarta- Presiden Baru Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk pertama kalinya menghadiri pertemuan tahunan BI (Bank Indonesia).

Gubernur BI Mengingatan Jokowi Tantangan Ekonomi RI

Pada kesempatan tersebut, Agus Martowardojo selaku Gubernur Bank Indonesia dihadapan Presiden mengungkapkan tantangan ekonomi yang harus dijalani oleh Indonesia di masa yang akan datang.

Tantangan ini semakin diperkuat dengan kemungkinan adanya gejolak pada pasar keungan global yang dikarenakan proyeksi naiknya suku bunga Amerika Serikta (AS).

Menurut Agus tantangan pertama yang harus dihadapi adalah tingkat utang luar negeri yang kian hari kian membesar. Ini juga diperparah dengan sebagian besar hutang yang ada tersebut belum terlindung dari gejolak resiko kurs.

Selain itu, terdapat pula tantangan lain yang harus dihadapi Indonesia yakni akumulasi modal portofolio oleh para pemodal asing pada obligasi yang sudah besar. Dana tersebut dengan mudah dapat pindah ke luar negeri apabila terjadi gejolak di pasar saham global.

Tantangan berikutnya adalah Indonesia saat ini mengalami kelemahan dalam hal struktur produksi domestik, serta lembaga keungan juga masih terkonsentrasi pada sektor perbankan dan pasar modal sebagai sumber dana namun masih belum signifikan.

Tak sampai itu, Agus juga melihat masih dangkalnya pasar uang serta pasar valuta asing sebagai penghubung diantara sektor pasar keungan. Sehingga mengakibatkan ketidak pastian pasokan valuta asing dan liquiditas rupiah.

Itu merupakan beberapa tantangan perekonomian yang harus diselesaikan oleh pemerintahan baru Jokowi-JK untuk membawa Indonesia menuju negara yang sejahtera. (Arkha Satya -sisidunia.com)