Home » News » Perbedaan Pelantikan Prasetyo dan Basrief Arif Saat Dilantik Menjadi Jaksa Agung

Perbedaan Pelantikan Prasetyo dan Basrief Arif Saat Dilantik Menjadi Jaksa Agung



Jakarta – Hari ini, Kamis (20/11/2014), Presiden Jokowi telah resmi melantik Prasetyo untuk menjadi Jaksa Agung. Prasetyo disini menggantikan posisi Jaksa Agung sebelumnya yaitu Basrief Arif. Prasetyo dilantik dengan mengenakan seragam dinas lengkap serba coklat, beserta dengan topinya.

Perbedaan Pelantikan Prasetyo dan Basrief Arif Saat Dilantik Menjadi Jaksa Agung

Keadaan ini sangatlah berbeda saat SBY melantik Basrief Arif, yang pada saat itu mengenakan setelan jas hitam dan peci. Inilah bedanya, padahal mereka berdua ini sama-sama dari pensiunan Kejaksaan Agung.

Basrief Arif telah pensiun sejak tahun 2005, kemudian menjabat menjadi wakil Jaksa Agung. Selanjutnya dia diangkat oleh Presiden SBY untuk menjabat menjadi Ketua Jaksa Agung, pada tahun 2010. Sedangkan Prasetyo sendiri, telah berpensiun dari kejaksaan pada tahun 2006, dan kini dia menjabat menjadi Ketua Jaksa Agung.

Saat menjadi Jaksa Agung Muda, tidak terlalu terlihat mencolok prestasi dari Prasetyo, hingga akhirnya Prasetyo pun memutuskan untuk membuka kantor pengacara. Niatnya disini adalah ingin memperbaiki sektor hukum yang ada di Indonesia ini. Namun sepertinya dengan hanya menjadi advokat, Prasetyo tidak bisa berbuat terlalu banyak untuk menegakkan hukum.

Prasetyo pun mendirikan Partai Nasional Demokrat, dan dirinya lolos menjadi anggota legeslatif periode 2014-2019. Namun setelah dirinya kini menjabat menjadi Ketua Jaksa Agung, Prasetyo harus elepaskan keanggotaannya di DPR. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)