Home » News » Fraksi Golkar Setuju Interpelasi Pada Presiden Jokowi Terkait BBM

Fraksi Golkar Setuju Interpelasi Pada Presiden Jokowi Terkait BBM



Jakarta – Hak Interpelasi terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampaknya akan digalang oleh anggota DPR RI, hal ini diuangkapkan Sekretaris Fraksi Partai Golkar di DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), yang menyatakan jika Fraksinya setuju dan mendukung hak Interpelasi pada Presiden terkait kebijakan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

“Dalam waktu dekat kita akan lakukan penggalangan tanda tangan bersama-sama teman-teman lintas fraksi yang lain untuk penggunaan hak interpelasi,” tulis Bamsoet melalui pesan singkat, Kamis (20/11/2014).

Golkar Setuju Interpelasi Pada Presiden Jokowi

Bamsoet juga menambahkan, jika Presiden Jokowi nantinya memberikan jawaban yang tidak memuaskan maslah perhitungan biaya pokok produksi BBM, kemungkinan besar hak-hak yang lain akan digunakan oleh DPR. “Yaitu hak angket, sebelum hak menyatakan pendapat,” tambahnya.

Walaupun menaikkan harga BBM merupakan kewenangan mutlak pemerintah, namun tetap saja berdasarkan syarat yang sudah diatur dalam UU APBN-P 2014, yang mengacu pada pertimbangan harga minyak dunia dan kurs dolar terhadap rupiah untuk menaikkan harga BBM.

Baca Juga:

“Jelas dikatakan, kenaikan harga BBM bisa dilakukan dengan melihat atau mempertimbangkan realisasi yang terjadi. Kalau mau diubah, maka harus didasarkan pada dua hal, yakni harga minyak mentah (ICP) dan kurs dolar terhadap rupiah,” tutup Bamsoet. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)