Home » News » DPR Berencana Panggil Pemerintah Soal Kenaikkan Harga BBM

DPR Berencana Panggil Pemerintah Soal Kenaikkan Harga BBM



Jakarta – DPR beranggapan seharusnya Pemerintah tidak menaikkan BBM, karena harga minyak dunia masih aman. Untuk itu DPR akan memanggil Pemerintah unutuk meminta penjelasan soal kenaikkan harga BBM tersebut.

Menurut anggota DPR RI yang juga Wakil Ketua Komisi XI Marwan Cik Aksan menyatakan, jika pemerintah mengacu pada UU seharusnya menurunkan harga BBM bukan sebaliknya menaikkan. Oleh karena itu Aksan beranggapan jika pemerintah telah melanggar Undang Undang.

DPR Berencana Panggil Pemerintah

“Karena kita juga masih memiliki SAL dan SILPA jika terjadi kebutuhan dana, Pasal 14 ayat 13 UU no 12 Tahun 2014 yang mengatur kewenangan menaikan BBM karena perubahan kurs dan harga minyak. Dan jika di simulasikan akan menghasilkan penurunan harga BBM 25 – 30 persen. Tapi anehnya pemerintah malah menaikan harga BBM, jelas bukan mengindikasikan ketidakpatuhan pada UU,” ucap Marwan dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Menurut Marwan, saat ini harga minyak masih tergolong aman, dan sudah seharusnya pemerintah menurunkan harga BBM, seperti halnya negara-negara lain yang patuh pada Undang Undang. Seperti yang dialami negara lain seperti China, India dan Malaysia,” jelasnya.

Apalagi APBN-P 2014 masih tergolong aman karena cash flow terjaga dan deficit di 2,4 persen yang tidak akan sampai akhir tahun nanti. Oleh sebab itu DPR akan segera memanggil Pemerintah untuk meminta penjelasan.

Baca Juga:

“Komisi XI akan memanggil Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas untuk meminta penjelasan resmi pemerintah. Dan jika penjelasan tidak memiliki argumentasi yang kuat, DPR akan akan mengusulkan ke pimpinan DPR RI untuk meminta penjelasan langsung dari Presiden melalui hak bertanya dan semua mekanisme yang di atur dalam MD3 dan Tatib DPR RI,” tutup Marwan. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)