Home » Ekonomi & Bisnis » Sumber Daya Energi Dapat Menjadi Momok Bagi Indonesia

Sumber Daya Energi Dapat Menjadi Momok Bagi Indonesia



Jakarta – Indonesia memiliki sumber daya energi yang berkecukupan guna menopang pertumbuhan ekonomi ke depanya. Akan tetapi hal tersebut akan menjadi bumerang bagi Indonesia apabila disalah gunakan untuk segelintir orang yang memiliki tujuan mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.

Sumber Daya Energi Dapat Menjadi Momok Bagi Indonesia

Faisal Basri Ketua Tim Reformasi dan Tata Kelola Migas menjelaskan, negara Indonesia memiliki sumberdaya minyak bumi sekitar 3,6 miliar barel. Apabila di rata-rata produksi minyak setiap harinya Indonesia mampu memproduksi sekitar 8oo ribu barel minyak.

Lebih lanjut ia menjelaskan koata ketersediaan tersebur diperkirakan akan habis pada 13 tahun mendatang. Jadi Indonesia tidak sekaya penghasil minyak dari negara-negara yang ada di timur tengah.

Selain minyak Indonesia memiliki cadangan energi yakni gas hingga 151 triliun kaki kubik, oleh karenanya masih ada sejumlah harapan besar untuk dapat menyokong pertumbuhan ekonomi yang rata-rata mencapai 7 persen.

Basri mengingatkan sumberdaya yang meilimpah bukan jaminan negara untuk makmur. Sebaliknya meski memiliki sumberdaya alam yang melempah namun salah pengelolaan maka akan menjadi momok bagi negara tersebut.

Oleh karena itu, ia sangat berharab kepada tim tata kelola migas yang baru ini untuk dapat mengubah dan memanfaatkan sumberdaya alam Indonesia dengan sebaik-baiknya.

Tim Reformasi Tata Kelola Migas menurutnya akan berusaha untuk bekerja keras menjalankan tugas serta fungsi dalam enam bulan ini dan akan mengeluarkan usulan dan rekomendasi di sektor migas. (Arkha Satya -sisidunia.com)