Home » Ekonomi & Bisnis » Saham Asia Turun, Bursa Jepang Anjlok

Saham Asia Turun, Bursa Jepang Anjlok



Singapura­ РBursa Asia mengalami pelemahan setelah saham-saham yang ada di Jepang anjlok seiring dengan penurunan perekonomia pada enam bulan terakhir ini. Shinzo Abe perdana menteri dari Jepang juga diperkirakan tidak jadi menaikan pajak penjualan nasionalnya.

Saham Asia Turun, Bursa Jepang Anjlok

Dikutip SisiDunia.com dari Bloomberg, indeks saham MSCI Asia Pasifik turun 0,5 persen pada pukul 9:59 waktu Tokyo dipasar perdagangan saham. Sedangkan untuk saham Topix Jepang juga turun mencapai 1,3%.

yen anjlok hingga mencapai 0,7 persen yang merupakan level terendah dari tahun 2007 ditengah-tengah spekulasi data perekonomian Jepang.

Indeks saham Topix melemah kali pertama pada lima hari di perdagangan terakhir. Dan indeks saham Nikkei 225 juga turun 1,5 persen yang merupakan penurunan terparah sejak dari 21 Oktober kemarin.

Sementara itu, indeks saham Australia S&P 200 turun 0,5 persen. Begitu halnya dengan saham Selandia Baru NZX 50 yang turun 0,1 persen. Akan tetapi untuk saham Kospi Korea Selatan mengalami hal yang sebaliknya, indeks saham Kospi tersebut menunjukan ada sedikit pergerakan.

Kita tahu perekonomia Jepang mengalami kontraksi 1,6 persen di kuartal ke tiga yang dibarengi dengan perdana Menteri Shinzo Abe berencana untuk menunda dinaikanya pajak penjualan di Jepang.

Di saat yang sama, pertemuna negara-negara G20 selama sepekan akan memacu perekonomian setiap negaranya hingga mencapai US$ 2 triliun. (Arkha Satya – sisidunia.com)