Home » Travel & Kuliner » Resep Masakan Jepang: Cara Membuat Shabu-Shabu Beef Enak

Resep Masakan Jepang: Cara Membuat Shabu-Shabu Beef Enak



Jakarta – Menu jepang kali ini kita akan membuat shabu-shabu, sejenis sup bening khas jepang. Makanan ini sangat dikenal di seluruh dunia, dan tentu banyak yang menyukainya.

Resep Masakan Jepang: Cara Membuat Shabu-Shabu Beef Enak

Mungkin anda juga penasaran untuk bisa mengolahnya sendiri, membuat shabu-shabu dirumah untuk keluarga anda. Jika anda ingin mencoba pas sekali jika anda sudah berkunjung di blog kami ini. Disini akan kami berikan resep dan cara mengolahnya. Yang sudah dikirim ke redaksi kami, Minggu (16/11/2014).

Bahan:
200 gram daging sukiyaki
1 sendok teh kecap jepang
1 pak (230 gram)tofu, potong bulat
4 buah jamur segar shitake, iris panjang
200 gram baby pokcoy
8 lembar sawi putih, potong-potong

Bahan Kuah:
2 liter air
15 gram dried kombu
1 sendok makan bonito flakes
2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk

Bahan Saus :
3 sendok makan wijen sangrai
1 sendok makan mirin
1/2 sendok makan gula pasir
50 ml kecap jepang
1/2 siung bawang putih, haluskan
50 ml kaldu dashi (dari 1/2 sendok teh dashi bubuk dan 50 ml air)

Lumuri terlebih dahulu daging sukiyaki dengan kecap jepang, lalu sisihkan. Selanjutnya rebuslah air, dan juga kombu dengan menggunakan api kecil. Jika sudah mendiidh masukkan bonito, didihkan kembali selama kurang lebih 5 menit. Kalau sudah angkat dan saring.

Baca juga:
Resep Masakan Jepang: Cara Membuat Tempe Bakar Bumbu Jepang Lezat

Rebuslah kuah hingga mendidih, beri garam dan merica bubuk aduk secara merata. Masukkan daging sukiyaki, masak hingga matang. Kemudian masukkan sayuran lainnya, masak semua sampai matang.

Sekarang kita buat sausnya, masukkan 2 sendok makan minyak wijen, lalu beri mirin, gula pasir, kecap jepang, juga bawang putih. Aduk semua sampai merata, lalu masukkan kaldu dashi. Aduk merata dan rebus hingga mendidih, angkat lalu taburi dengan wijen bubuk. Sajikan shabu-shabu bersama dengan sausnya. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)