Home » Ekonomi & Bisnis » Rencana Kenaikan BBM Bersubsidi, SPBU Asing Akan Sumringah

Rencana Kenaikan BBM Bersubsidi, SPBU Asing Akan Sumringah



Jakarta – Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden Republik Indonesia akan segera memastikan kapan pemerintah akan menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Pengumuman tersebut akan disampaikan sendiri oleh Presiden Joko Widodo setelah kunjunganya dari berbagai negara usai.

Rencana Kenaikan BBM Bersubsidi, SPBU Asing Akan Sumringah

Menanggapi hal tersebut, Effendi Simbolon menyatakan kebijakan untuk menaikan harga bahan bakar minyak subsidi malah akan memberikan angin segar terhadap tempat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang dikelola oleh asing ritel BBM di Indonesia. Seperti PT Total Oil Indonesia, PT Shell Indonesia, dan PT Petronas Niaga Indonesia.

Untuk saat ini SPBU yang ada si seluruh Indonesia yang dikelola asing masih landai-landai saja. Akan tetapi ketika nanti jadi harga BBM subsidi di naikan, maka seluruh SPBU asing akan terbang dan sumringah.

Dengan semakin ramainya pembeli di SPBU asing, maka para operator akan menggempur pangsa pasar Indonesia dan tidak menutup kemungkinan SPBU asing juga akan semakin menjamur. Tidak hanya di daerah beasar seperti Jakarta, Bogor, Tangerang namun juga didaerah-daerah lain akan dibidik.

Apa yang diungkapkan oleh Effendi mengacu terhadap sifat masyarakat Indonesia yang doyan budaya konsumtif serta suka dengan produk-produk luar negeri.

Oleh itu, ia menyarankan kepada pemerintah agar naiknya harga BBM subsidi ini juga harus diimbangi dengan diperketatnya ritel BBM bagi perusahaan asing sehingga tidak memanfaatkan momentum tersebut. (Arkha Satya – sisidunia.com)