Home » Ekonomi & Bisnis » Indonesia Dapat Mentorehkan Sejarah Jika Mampu Membangun 50 Waduk

Indonesia Dapat Mentorehkan Sejarah Jika Mampu Membangun 50 Waduk



Jakarta – Pemerintah khususnya Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) mengeluhkan sangat memprihatinkanya kondisi penyimpanan air baku di Indonesia. Sumber daya air yang sangat melimpah ruah tidak dikelola dengan baik sehingga tak jarang mengakibatkan malapetaka bagi Indonesia.

Indonesia Dapat Mentorehkan Sejarah Jika Mampu Membangun 50 Waduk

Dedy S Priatna selaku Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas menjelaskan, peyimpanan air baku di negeri ini baru sekitar 54 meter kubik per kapita pada setiap tahunya. Oleh karena itu kenapa kalau musim kemarau terjadi kekeringan dan ketika musim hujan terjadi banjir di beberapa daerah.

Dari data yang diperoleh dari Bappenas, kebutuhan air baku per tahunya di Indonesia mencapai 1.175 meter kubik per kapita. Oleh karena itu, pasokan air baku dengan yang dibutuhkan sangat jauh sehingga wajar jika Indonesia mengalami defisit air minum.

Apabila dibandingkan dengan negeri sebelah Thailand, negara yang kecil dan ketersediaan airnya tak semelimpah Indonesia dapat menyimpan air baku hingga 1.200 meter kubik per kapita pada setiap tahunya.

Oleh karena itu, berdasarkan kondisi tersebut pemerintahan yang bari ini memiliki target sebanyak 50 waduk serta ditargetkan akan selesai pada 5 tahun kepemimpinan.

Apabila program ini benar-benar terealisasi, maka akan menjadi sejarah tersendiri bagi Indonesia. Karena Indonesia pada saat ini hanya memiliki 261 waduk sejak zaman Belanda dan rata-rata berusia 100 tahun. Pengadaan 50 bendungan tersebut akan memperbaiki sistem ketahanan air di negeri ini.(Arkha Satya – sisidunia.com)