Home » News » Penyebab Gempa Maluku Utara Ternyata Dari Subduksi Ganda

Penyebab Gempa Maluku Utara Ternyata Dari Subduksi Ganda



Jakarta – Gempa yang terjadi di Maluku Utara dengan kekuatan 7,3 Skala Richter (SR) sangat membuat warga sekitar menjadi panik, Gempa yang terjadi tadi pagi tetapnya pada pukul 09.31 WIB ternyata penyebabnya adalah subduksi ganda yang berasal dari lempeng laut Filipina di timur.

“Berdasarkan analisis dari Ikatan Ahli Bencana Indonesia (IABI), Irwan Meilano dan Masyhur Irsyam), gempa 7.3 SR terjadi akibat subduksi ganda dari lempeng laut Filipina di timur dan Eurasia di barat pada lempeng Laut Maluku,” jelas Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, pada Sabtu (15/11/2014).

Penyebab Gempa Maluku

Nugroho juga menjelaskan jika gempa tadi pagi juga terjadi tsunami, “Selain gempa tersebut yaitu gempa 1858, M7.4 yang juga menghasilkan tsunami. Pada peta gempa terbaru wilayah tersebut memiliki percepatan tinggi,” jelasnya.

Tentang kepanikan warga, Nugroho memaklumi karena gempa yang dirasakan cukup terasa. Apalagi dengan adanya tsunami yang pernah menimpa Aceh beberapa tahun lalu membuat warga semakin panik, namun dengan adanya peringatan dini setidaknya bisa membantu warga untuk mencari tempat yang lebih tinggi sebagai langkah evakuasi.

Baca Juga:

“Sumber tsunami di Indonesia adalah gempa lokal sehingga waktu evakuasi hanya singkat. Jika ada kepanikan adalah hal yang wajar karena masyarakat langsung merasakan guncangan gempa. Adanya warning tsunami masyarakat juga harus segera mencari tempat yang tinggi untuk evakuasi sementara,” tutupnya. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)