Home » News » KTT G20: Jokowi Curi Perhatian Dunia Dengan Diplomasi ‘Blak-blakan’

KTT G20: Jokowi Curi Perhatian Dunia Dengan Diplomasi ‘Blak-blakan’



Brisbane – Ternyata Presiden Jokowi tidak hanya jago ‘blusukan’, dirinya kini mulai mencuri perhatian dunia dengan diplomasi ‘blak-blakan’ yang ia tunjukkan pada KTT G20 di Brisbane, Australia. Jokowi juga sebelumnya sempat berdiplomasi secara blak-blakan pada KTT ASEAN yang digelar dua hari yang lalu.

KTT G20: Jokowi Curi Perhatian Dunia Dengan Diplomasi ‘Blak-blakan’

Seperti dilansir dari The Conversation (Sabtu, 15/11/2014), diplomasi blak-blakan yang sebelumnya sempat ditunjukkan Presiden Joko Widodo dianggap dapat melampaui Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, yang juga dikenal sering mengeluarkan pernyataan secara terbuka.

Baca juga:
KTT G20: Fokus Utama Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Dua hari yang lalu dalam KTT ASEAN, Jokowi sempat mengungkapkan sikap Indonesia yang terbuka terhadap pasar bebas, namun dirinya tidak ingin jika Indonesia hanya menjadi pasar bagi produk yang dihasilkan negara tetangga.

Pernyataan Presiden Jokowi yang terus terang memperjuangkan kepentingan Indonesia tersebut ternyata mencuri perhatian berbagai media luar, seperti China Post yang membuat berita “Joko Widodo Delivers A Blunt Message to ASEAN”, lalu ada juga media online seperti AsiaOne yang menurunkan berita “Jokowi Ushers in Diplomacy Tactic of Being Direct”.

Adapun dalam ajang pertemuan G20 yang digelar di Brisbane mulai hari ini hingga esok Minggu (16/11), Jokowi dianggap sebagai tamu khusus. Bahkan Tony Abbott dikabarkan telah menyiapkan waktu khusus untuk menjamu Jokowi makan malam untuk membahas kerja sama bilateral dengan lebih mendalam, pada Jumat (14/11) malam kemarin. Jokowi sendiri berencana untuk membahas agenda domestik Indonesia dalam pembangunan infrastruktur di forum KTT G20 ini. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)