Home » News » KTT G20: Fokus Utama Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

KTT G20: Fokus Utama Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi



Brisbane – KTT G20 yang digelar hari Sabtu (15/11) hingga Minggu (16/11) esok di Brisbane, Australia, merupakan pertemuan kelima bagi menteri keuangan dengan anggota delegasi pertemuan internasional. Fokus pembahasan dari pertemuan G20 kali ini seperti yang diungkapkan oleh Menteri Keuangan Australia lewat situs Kementerian Keuangan Australia adalah untuk menyamakan persepsi terkait tekad kolektif yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

KTT G20: Fokus Utama Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Pertemuan kali ini juga akan secara khusus membahas tantangan dalam meningkatkan ekonomi Jepang dan Eropa. G20 optimistis dapat mencapai tujuan tersebut dengan melakukan langkah-langkah seperti meningkatkan jumlah investasi di bidang infrastruktur, partisipasi pasar tenaga kerja, perdagangan dan meningkatkan transparansi untuk mengurangi penipuan pajak.

Dalam pertemuan G20 sebelumnya, mereka telah sukses merealisasikan sejumlah 85 persen target dan menunjukkan hasil berupa peningkatan yang cukup signifikan. Ke depannya nanti G20 diharapkan mampu mencapai tujuan secara lebih kolektif dan fokus dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Adapun keikutsertaan Jokowi yang mewakili Indonesia dalam KTT G20 turut mencuri perhatian dunia. Dalam KTT ASEAN dua hari lalu, Jokowi sempat bersikap ‘blak-blakan’ dalam berdiplomasi dengan mengungkapkan pernyataan “Indonesia bersikap terbuka terhadap pasar bebas, namun tidak ingin hanya menjadi pasar bagi produk negara tetangga”. Pernyataannya tersebut bahkan dianggap melampaui Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, yang sebelumnya juga dikenal suka mengeluarkan pernyataan secara terang-terangan. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)