Home » Ekonomi & Bisnis » Harga Minyak Bangkit Dari Titik Terendah Sejak 4 Tahun

Harga Minyak Bangkit Dari Titik Terendah Sejak 4 Tahun



New York – pada perdagangan Sabtu pagi (wib) harga minyak mulai bangkit dari level terendah selama 4 tahun terakhir. Akan tetapi, tercatat harga minyak turun selama 7 minggu secara berturut-turut, ini merupakan rekor terpanjang dari tahun 1996.

Harga Minyak Bangkit Dari Titik Terendah Sejak 4 Tahun

Dilansir SisiDunia.com dari CNBC, harga minyak mentah dunia West Texas Intermediate ditutup menguat US$ 1,61 kini menjadi US$ 75,82/barel setelah berada di level terendah empat tahun di hari sebelumnya.

Merosotnya harga minyak diakibatkan oleh melimpahnya pasokan serta ditengah-tengah spekulasi Organisasi Negara pengekspor minyak (OPEC) yang tidak memangkas produksi minyaknya pada pertemuan yang diselenggarakan pada 27 November 2014.

Badan Energi Internasioanal, yang menahan diri untuk memperkirakan harga minyak mengungkapkan, dalam laporan bulanan menyebutkan harga minyak dapat jatuh lebih dalam lagi pada tahun 2015 mendatang.

Pada awal sesi, harga minyak jenis brent jatuh menuju level terendah yakni US$ 76,76 terendah sejak September 2010. Harga minyak Brent turun lebih dari 5 persen pada minggu ini.

Sedangkan untuk produsen top OPEC yakni Arab Saudi belum mengambi kebijakan apakah akan mengurangi produksi minyak atau tidak. Negara-negara produsen minyak bersekala kecil seperti Aljazair dan Venezuela mendukung dan merasa perlu terkait kebijakan pemangkasan produksi untuk mendokrak harga minyak dunia.(Arkha -satya – sisidunia.com)