Home » News » Gempa di Maluku: Gempa Mengguncang Maluku Utara, Namun Wakapolda Masih Bisa Pastikan Kondisi Aman

Gempa di Maluku: Gempa Mengguncang Maluku Utara, Namun Wakapolda Masih Bisa Pastikan Kondisi Aman



Jakarta – Menurut informasi yang diberikan oleh BMKG, bahwa akan terjadi tsunami akibat gempa yang terjadi di Maluku Utara sebesar 7,3 SR. Namun Wakapolda Maluku Utara AKBP Iwan Hari, masih bisa pastikan bahwa kondisi hingga saat ini masih aman.

Gempa di Maluku: Gempa Mengguncang Maluku Utara, Namun Wakapolda Masih Bisa Pastikan Kondisi Aman

“Saya sudah cek di Polres dan juga sekitarnya, memang ada guncangan yang terjadi. Tetapi semuanya masih aman, bahkan warga juga kembali melakukan aktivitasnya seperti biasa,” kata Iwan saat dihubungi sisidunia, Sabtu (15/11/2014).

Beliau juga mengatakan, bahwa dirinya juga mendapatkan informasi akan adanya Tsunami. Oleh sebab itu Iwan, secara langsung berkililing melihat situasi bahkan sampai di pantai Ternate. Namun kondisi semuanya masih aman dan bisa dikendalikan.

“Saya lihat sendiri sampai ke bibir pantai, tidak ada gelombang disana,” ujarnya.

Gempa 7,3 SR yag terjadi di Maluku, memang berpotensi tsunami. BMKG juga memberikan saran kepada masyarkat sekitar untuk waspada. dan siap dengan apa yang terjadi. Terutama untuk warga yang tempat tinggalnya di sekitar bibir pantai.

BNPP juga mengatakan gelombang tsunami bisa saja terjadi di sekitar pesisir wilayah Indonesia. Menurut analisi dari Pacific Distater Center, tsunami yang tinggi gelombangnya mencapai hingga 1 meter bisa mencapai pesisir wilayah Indonesia.

Di lain tempat sudah bisa dideteksi tsunami setinggi 0,9 meter terjadi di Jailolo yang letaknya berda di barat Maluku Utara, sekitar 20 km dari Ternate. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)