Home » News » Berita Politik Terbaru: Ini Kesepakatan Kubu KIH dan KMP Soal Revisi UU MD3

Berita Politik Terbaru: Ini Kesepakatan Kubu KIH dan KMP Soal Revisi UU MD3



Jakarta โ€“ Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih, atau bisa juga disebut dengan kubu Pro-Jokowi dan kubu Pro-Prabowo, akhirnya telah mencapai kata sepakat terkait revisi Undang-Undang MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD). Kedua kubu tersebut menandai hal tersebut dengan sepakat untuk menandatangani draf kesepahaman revisi yang disusun oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Hatta Rajasa.

Berita Politik Terbaru: Ini Kesepakatan Kubu KIH dan KMP Soal Revisi UU MD3

Saat ditemui tim Sisi Dunia (Sabtu, 15/11/2014), Hatta Rajasa mengungkapkan bahwa draf kesepahaman yang ia susun untuk ditandatangani KIH dan KMP sudah fix dan tidak akan ada perubahan atau tambahan lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Hatta juga memaparkan beberapa poin kesepakatan yang dicapai oleh kedua KIH-KMP, yakni mereka hanya akan menyempurnakan pasal 74 dan pasal 96 ayat 6,7, dan 8. Beberapa poin dalam pasal tersebut akan dihapus atau disempurnakan rumusannya.

Terkait pasal 74, kemungkinan besar akan dihapus karena isinya membahas hak parlemen yang telah ditentukan pada pasal 79 serta 194 hingga 227. Karena bersifat terlalu banyak mengulang pasal yang sudah ada, maka akan dihapus. Sementara pada pasal 98, KMP menolak KIH yang ingin menghapus ayat 6 yang mewajibkan pemerintah menjalankan kesepakatan dalam rapat dengan parlemen.

Adapun penandatanganan draf kesepahaman KMP dan KIH dijadwalkan akan dilangsungkan di kediaman Hatta Rajasa di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Selain Hatta, kubu KMP yang hadir ialah Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham. Sementara dari kubu KIH hadir Pramono Anung dan Ketua Fraksi PDIP, Olly Dodokambey. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)