Home » Ekonomi & Bisnis » Susi Pudjiastuti Meminta Presiden Jokowi Untuk Hengkang dari G20

Susi Pudjiastuti Meminta Presiden Jokowi Untuk Hengkang dari G20



Jakarta –  Susi Pudjiastuti selaku menteri Kelautan dan Perikanan mengharap kepada Presiden Joko Widodo untuk keluar dari G20 organisasi international negara maju dan berkembang.

Susi Pudjiastuti Menminta Jokowi Untuk Hengkang dari G20

Menurut Menteri yang akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan menjelaska, masuknya Indonesia terhadap organisasi tersebut hanya akan memberikan dampak kerugian bagi para pelaku bisnis di sektor kelautan serta perikanan.

Dia memberikan contoh, pada sektor kelautan Indonesia akan mengalami kerugian karena kebijakan yang disepaktai bersama. Nilai ekspor tuna Indonesia yang mencapai US$ 700 juta akan terpangkas karena adanya tarif aturan beban sebesar 14 persen atau sekitar US$ 105 juta. Padahal Indonesia dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar dengan tarif nol persen untuk ekspor.

Sedikit lebih pedas Susi menyebutkan Indonesia hanya menjadi tim penggembira dalam organisasi G20. Karena posisi Indonesia tidak terlalu kuat sehingga setiap keputusan yang diambil selalu mentah bagi Indonesia.

Oleh karena itu, ia memperhitungkan Indonesia akan lebih mendapatkan keuntungan apabila keluar dari G20 daripada hanya mempertahankan gengsi semata. Bahkan ia menyebutkan Indonesia akan untung US$ 300 juta sampai US$ 500 juta jika benar-benar keluar dari G20. (Arkha Satya -sisidunia.com)