Home » Ekonomi & Bisnis » Bursa Asia Menguat Karena Penguatan Bursa Saham Jepang

Bursa Asia Menguat Karena Penguatan Bursa Saham Jepang



Singapura – Saham-saham yang ada dikawasan Asia Pasifik kini tengah melanjutkan dimulai sejak awal pekan ini. Naiknya indeks saham-saham tersebut karena imbas dari bertenggernya bursa saham Jepang di zona hijau akibat nilai tukar yen terus mengalami terdepresi menuju level paling bawah pada tujuh tahun terakhir ini.

Bursa Asia Menguat Karena Penguatan Bursa Saham Jepang

Dikutip dari Bloomberg, indeks saham MSCI Asia Pasifik naik sebesar 0,3 persen menuju level 141,38 pukul 09.02 waktu Tokyo.

Untuk indeks Topix Jepang juga mengalami kenaikan sebesar 0,8 persen. Satu hari sebelumnya, Bank of Japan meningkatkan stimulus serta lembaga dana pensiunan dari negara tersebut meningkatkan kepemilikan saham untuk dalam negeri.

Sementara indeks saha Kopsi Korea Selatan hanya mengalami penguatan secara tipis. Indeks IZX 50 Selandia Baru naik sekitar 0,2 persen, dan untuk Indeks S & P 200 Australia justru turun 0,5 persen.

Kini perdana Menteri Jepang Shonzo Abe tengah mempertimbangkan masalah kenaikan retribusi dengan rencana menunda kenaikan pajak penjualan.

Analis ekonomi dari Australia menyatakan, Perdana Menteri Jepang saat ini tengah menggalang suara sebagai persiapan pemilihan umum. Oleh karena itu, para pelaku pasar menikmati kenaikan harg saham yang ada di Jepang karena imbas dari sentimen positif dai bank of Japan serta penundaan kebijakan pajak penjualan.

Selain sentimen tersebut, para pelaku pasar juga sedang menanti rilis data pertumbuhan ekonomi Jepang kuartal III yang rencananya akan rilis tanggl 17 November 2014. (Arkha Satya -sisidunia.com)