Home » Ekonomi & Bisnis » Harga Minyak Anjlok Karena Dolar AS Menguat

Harga Minyak Anjlok Karena Dolar AS Menguat



New York- pada penutupan perdagangan saham Selasa pagi (wib) harga minyak lebih cenderung melemah. Ini dibarengi dengan OPEC (Organization of Petrolium Exporting Countries) yang tak mau memangkas produksi minyak yang ditetapkan pada pertemuan bulan ini.

Harga Minyak Anjlok Karena Dolar AS Menguat

Harga minyak dari jenis light sweet untuk penjualan pengiriman Desember melemah US$ 1,25 menjadi US$ 77,4 /barel. Lalu disusul harga minyak jenis Brent yang juga turun diatas US$ 1 yang kini menjadi US$ 82/barel.

Semakin melemahnya harga minyak dunia ini diiringi dengan menguatnya dolar Amerika Serikat (AS) serta kekhawatiran terhadap konflik yang berkembang di Libya dan Ukraina.

Pada awal pekan ini dolar naik sebesar 0,2 persen terhadap mata uang lainya. Penguatan dolar tersebut membuat harga mnyak serta komoditas yang lainya sedikit lebih mahal bagi para pemegang mata uang lainya.

Ditambah lagi dengan tersedianya setok minyak yang melimpah, dan hal tersebut menandakan pertumbuhan ekonomi melambat dan menekan harga minyak. Dari Juni 2014 harga minyak telah mengalami pelemahan sebesar 30 persen.

OPEC pada tanggal 27 November 2014 rencananya akan mengadakan pertemuan, dan hal tersebut menjadi kunci untuk melihat seberapa besar dan ketersediaan minyak. Akan tetapi sampai saat ini belum ada indikasi untuk memangkas produksi minyak bagi para negara produsen minyak dunia.(Arkha Satya -sisidunia.com)