Home » Travel & Kuliner » Pulau Kemaro Salah Satu Wisata Unggulan Kota Palembang

Pulau Kemaro Salah Satu Wisata Unggulan Kota Palembang



Palembang – Selain terkenal dengan sunagi musi, jembatan ampera serta empek-empeknya, dipalembang juga terdapat beberapa kawasan wisata yang cukup menarik untuk bisa kita kunjungi. Diantaranya adalah Pulau Kemaro atau lebih dikenal dengan pulau jodoh. Anda bisa menuju kesana dengan menyewa sebuah getek dari Benteng kuto besak dengan biaya sebesar kurang lebih Rp.50 ribu perorang. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk bisa mencapai kawasan wisata ini. Jaraknya sendiri dari jembatan ampera sekitar 6 KM saja. San kawasan wisata ini merupakan salah satu kawasan unggulan yang ada dikota palembang ini. Oleh karena itu, tak heran bila, banyak orang datang berbondong-bondong untuk datang kelokasi kawasan wisata ini.

Pulau Kemarom

Daya Tarik Pulau Kemaro

Salah satu daya tarik yang ada dipulau ini adalah adanya bangunan pagoda yang menjulang tinggi, serta memiliki lantai hingga 9 tingkat. Ada juga beberpa bangunan klenteng yang terdapat disekitar kawasan wisata ini. Dan anda penasaran mengapa pulau Kemaro ini juga dikenal dengan sebutan sebagai pulau jodoh. Semua kisah itu berawal konon pada zaman dahulu, ada sebuah kisah cinta antara 2 bangsa dan kebudayaan yang berbeda, antara putri dari kerajaan sriwijaya yang bernama siti Fatimah dengan seorang pangeran dari negeri cina yang bernama Tan Bun An. Meskipun mereka berdua dipisahkan oleh adat dan istiadat yang berbeda, namun dengan kekuatan cinta yang sungguh sangat luar biasa dapat menyatukan kembali kisah cinta mereka. Dan didepan kelenteng ini lah pasangan ini dimakankan. Oleh karena itu, konon katanya , barang siapa bagi pasanagan yang menuliskan nama mereka berdua dipohon besar yang ada disekitaran klenteng ini, akan berjodoh dan langgeng sampai kejenjang pernikahan.

Kawasan wisata Pulau Kemaro ini identik sekali dengan unsur–unsur budaya tiongkhok yang sangat kental sekali, karena terdapa beberapa klenteng,vihara dan pagoda yang berdiri megah ditempat sekitaran kawasan objek wisat ini. Selain pulau ini dijadikan sebagai kawasan wisata, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat upacara keagamaan , dan umat Buddah banyak yang berdatanagn ke vihara untuk melakukan doa serta ziarah.

Jadi jika anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke kota empek-empek ini, sempatkanlah diri anda untuk datang serta berkunjungi kesalah satu kawasan wisata yang terkenal di propinsi sumatera selatan ini. Dan salah satu keunikan lainnya yang ada dipulau ini adalah, setiap tahun dipulau ini juga sering diadaakn perayaan tahun baru imlek. Dan pada saat perayaan hari besar bagi orang china tersebut, tempat ini ramai sekali oleh pengunjung. Baik bagi mereka yang ada disekitaran kota palembnag atau yang jau-jauh dari luar kota. Bahkan para turis asing pun tak mau ketinggalan untuk mengunjungi kawasan wisata ini.

Selain lokasinya yang sangat mudah sekali dijangkau, kawasan wisata ini juga dekat dengan pusat kota palembag. Dimana anda juga bisa berbelanja oleh-oleh seperti empek-empek , kemplang, kerupuk ikan dan masih banyak lainnya. Yang bisa anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga atau teman-teman anda. Selain berbelanja oleh-oleh, kawasan wisata ini juga dekat dengan pusat perbelanjaan, yang jarak mall satu dengan lainnnya tidak terlalu begitu jauh. Jika sambil berwisata anda juga bisa memuaskan hasrat anda untuk shopping. Bagi anda yang berasal dari luar kota, tak jauh dari kawasan wisata ini, yaitu tepatnya disekitaran kota pelembang sendiir, sudah banyak berdiri hotel-hotel, mulai dari harga yang sangat terjangkau hingga hotel-hotel yang berkelas.(Arkha Satya -sisidunia.com)