Home » News » KTT APEC Beijing: Presiden Jokowi Bawa Tiga Agenda

KTT APEC Beijing: Presiden Jokowi Bawa Tiga Agenda



Beijing โ€“ Hari ini, Minggu, 9 November 2014, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Beijing, Tiongkok, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) yang bakal dibuka Senin besok (10/11).

KTT APEC Beijing Presiden Jokowi Bawa Tiga Agenda

Credit Photo : AP/Andy Wong

Ketika tiba di Beijing, Presiden Jokowi langsung disambut oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) serta pejabat dari Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Pertemuan internasional ini adalah yang pertama dihadiri oleh Presiden Jokowi sejak dilantik menjadi presiden RI.

Dalam KTT tersebut, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidatonya, menjelaskan tentang prospek pembangunan ekonomi di Indonesia selama masa pemerintahannya. Presiden Jokowi juga dijadwalkan bertemu secara khusus dengan sejumlah pemimpin negara, termasuk di antaranya Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Selain itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Michael Tene, juga mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan bertemu dengan sejumlah pelaku bisnis major di Asia-Pacific.

Michael Tene juga mengungkapkan bahwa dalam konferensi kerja sama ekonomi tersebut, Presiden Jokowi akan membawa tiga agenda utama. Agenda pertama adalah mengenai terbentuknya suatu masterplan mengenai konektivitas antara negara-negara APEC, yang kedua mengenai isu kerja sama di bidang kemaritiman, dan yang terakhir adalah pengembangan produk yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak.

Adapun selepas menghadiri pertemuan APEC tersebut, Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri pertemuan multinasional lainnya, yakni ASEAN Summit yang bertempat di Myanmar, serta pertemuan KTT G20 di Australia. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)