Home » Ekonomi & Bisnis » Eksport Sapi Australia Kini Menyasar China

Eksport Sapi Australia Kini Menyasar China



Sydney- Australia dengan China kini tengah mendekati kesepakatan ekspor Sapi Hidup dari Australia ke China. Apabila kerjasama ini dapat teralisasi maka ekspor sapi Australia dapat tumbuh sampai satu juta ekor per tahun dan akan membuka pasar baru bagi peternak dinegeri tersebut.

Eksport Sapi Australia Kini Menyasar China

Dikutip dari laman Times, setiap tahunya negeri Kangkuru tersebut mampu mengekspor sebanyak 1,13 juta ternak yang nilainya dapat mencapai US$ 860 juta. Dengan tujuan ekspor diantaranya adalah israel, Vietnam, Kamboja, dan Indonesia.

Mauro Balzarini pemilik peternakan terbesar di Australia menjelaskan, Indonesia saat ini masih menduduki tempat tertinggi tujuan ekspor Sapi dari Australia. Ketika nanti dapat menembus pasar China Mauro tidak hanya mengirim sapi hidup namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kerjasama pengelohan daging sapi di Beijing.

Ia juga menambahkan, meski dapat mengirimkan 400 ribu ternak setiap tahunya ke Vietnam dan Indonesia. Adanya kerjasama dengan China  dianggap mampu meningkatkan ekspor sapi hingga dua kali lipatnya.

Kondisi diatas juga dapat meningkatkan daya saing pada peternakan yang ada di Australi serta diharapkan juga akan mampu mengangkat harga pasaran baik secara domestik dan global.

Pembahsan ekspor sapi ke China sebenarnya sudah berjalan sejak 10 tahun yang lalu. Dan kini kedua negara tersebut telah mencapai pada babak terakhir dari negoisasi.(Arkha Satya – sisidunia.com)