Home » News » Berita ISIS Terbaru: ISIS Rencanakan Serangan ke Pakistan

Berita ISIS Terbaru: ISIS Rencanakan Serangan ke Pakistan



Islamabad – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) baru-baru ini dilaporkan berencana mengembangkan serangan di wilayah Pakistan. Laporan yang diterima oleh otoritas keamanan Pakistan mengatakan bahwa militan ISIS terus mendorong agar dua kelompok radikal Sunni yang beroperasi di Pakistan untuk segera menyatukan kekuatan untuk melancarkan serangan di negara tersebut.

Berita ISIS Terbaru ISIS Rencanakan Serangan ke Pakistan

Sebuah media terkemuka di Pakistan melaporkan bahwa ISIS berencana mengembangkan serangannya di Pakistan lewat kelompok radikal yang menjadi simpatisan mereka di negara tersebut. Mereka dilaporkan mengincar fastilitas-fasilitas penting di Pakistan.

Sebagaimana dilaporkan oleh Dawn (Sabtu, 8/11/2014), pejabat di Provinsi Baluchistan, Pakistan sebelah barat daya, mengungkapkan temuan ini lewat sebuah laporan rahasia kepada pihak berwenang Pakistan. Tidak dijelaskan bagaimana laporan tersebut bisa bocor ke media.

Dalam laporan tersebut, dituliskan bagaimana ISIS “pusat” terus berusaha menyatukan kekuatan dari dua kelompok ekstrim Sunni di Pakistan. Tertulis pula bahwa ISIS tengah merencanakan serangan kepada kekuatan militer Pakistan yang beroperasi di sekitar perbatasan dengan Afghanistan, fasilitas-fasilitas vital pemerintahan, serta tak lupa, kepada populasi umat Syiah di negara tersebut. Pemerintah Provinsi Baluchistan pun meminta peningkatan keamanan di wilayahnya, terutama selain juga di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Pihak pusat Pakistan dilaporkan belum bereaksi apapun terkait isu ini. Pihak keamanan Pakistan saat ini masih direpotkan dengan serangan yang sempat terjadi pada Jumat malam kemarin (7/11) waktu setempat, dimana sekitar 60 orang militan berusaha menyerbu sebuah pos pemeriksaan militer di wilayah barat laut negara tersebut.

Setelah melalui pertempuran berjam-jam, serangan tersebut pun kandas, dan 17 orang militan pun dilaporkan tewas. Jenazah 17 orang militan tersebut ditemukan oleh tentara Pakistan ketika melakukan penyisiran pada Sabtu pagi (8/11) waktu setempat. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)